Fadly Alberto Hengga: Dari SSB Sukorejo Putra ke Timnas U-16

Nisa Fara

Kisah inspiratif pemain muda asal Bojonegoro yang berhasil menembus skuad Timnas Indonesia U-16 dan mencetak gol di Piala AFF U-16 2024.

Pernahkah kamu membayangkan seorang anak dari keluarga sederhana di pelosok Jawa Timur bisa menjadi bintang sepakbola nasional? Nah, itulah yang terjadi pada Fadly Alberto Hengga, pemain Timnas Indonesia U-16 yang namanya mendadak tenar setelah mencetak gol kemenangan melawan Singapura di Piala AFF U-16 2024. Yuk, kita intip perjalanan menarik Fadly dari lapangan kampung hingga panggung internasional!

Latar Belakang Fadly Alberto Hengga

Fadly Alberto Hengga lahir di Timika, Papua Tengah, dari pasangan John Clif Hengga (49) dan Piana (43). Meski terlahir di tanah Papua, Fadly dibawa pulang ke kampung halaman ibunya di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur saat berusia 3 tahun.

Sejak saat itu, Fadly tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat Jawa. Uniknya, meski punya darah Papua, Fadly hanya bisa berbahasa Jawa dan Indonesia, tanpa bisa berbahasa Papua sama sekali. Ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh lingkungan dalam membentuk identitas seseorang.

Kehidupan Sederhana yang Menempanya

Saat ini, Fadly tinggal bersama ibu dan adiknya, Iriana Beatrik Hengga (13), di sebuah rumah bedeng berukuran 4×8 meter. Yang menarik, rumah mereka berdiri di atas tanah milik Perhutani, bukan milik keluarga mereka sendiri. Bayangkan, hidup dengan ketidakpastian seperti itu! Tapi justru kondisi ini mungkin yang membuat Fadly jadi pribadi yang tangguh dan pantang menyerah.

Baca Juga :   Rab Pembangunan Gor Desa

Perjalanan Pendidikan: Dari TK hingga SMK

Fadly memulai pendidikannya di TK Putra Bakti Desa Banjarsari, lulus tahun 2015. Ia kemudian melanjutkan ke SD Negeri Banjarsari 1, lulus tahun 2021. Setelah itu, Fadly bersekolah di SMP Negeri 5 Bojonegoro dan lulus tahun 2023.

Saat ini, Fadly tercatat sebagai siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri Dander, Bojonegoro. Menariknya, meski sudah menjadi pemain Timnas, Fadly tetap berkomitmen melanjutkan pendidikannya. Ini menunjukkan bahwa ia tidak hanya fokus pada karir sepakbola, tapi juga mempersiapkan masa depannya.

SSB Sukorejo Putra: Tempaan Pertama Bakat Fadly

Bakat sepakbola Fadly mulai terasah saat ia bergabung dengan SSB Sukorejo Putra. Selama kurang lebih 7 tahun, Fadly mengasah skillnya di SSB ini. SSB Sukorejo Putra sendiri merupakan salah satu sekolah sepakbola terkemuka di Bojonegoro.

Fadly Alberto Hengga

Prestasi SSB Sukorejo Putra

SSB Sukorejo Putra bukan sembarang sekolah sepakbola. Mereka berhasil menjadi perwakilan Askab PSSI Bojonegoro di Piala Soeratin U-17 tingkat Jawa Timur. Ini menunjukkan kualitas pembinaan yang dimiliki SSB ini, yang tentunya berkontribusi besar dalam mengembangkan bakat Fadly.

Lapangan Singonoyo: Saksi Bisu Perjuangan Fadly

Lapangan Singonoyo di Bojonegoro mungkin menjadi salah satu tempat favorit Fadly berlatih. Lapangan ini terletak di pusat kota Bojonegoro, dekat dengan kantor polisi, kecamatan, dan koramil. Bisa dibayangkan betapa seringnya Fadly berlari, menggiring bola, dan berlatih di lapangan ini.

Timnas Indonesia U-16: Panggung Baru Fadly

Puncak prestasi Fadly saat ini adalah bergabungnya ia dengan Timnas Indonesia U-16. Ia bahkan berhasil mencetak gol ketiga dalam laga Indonesia U-16 vs Singapura U-16 di Turnamen ASEAN U-16 Boy Championship 2024.

Prestasi Timnas Indonesia U-16

Timnas Indonesia U-16 sendiri punya catatan prestasi yang cukup membanggakan. Di bawah asuhan pelatih Bima Sakti, mereka pernah meraih peringkat 3 di Piala AFF U-16 2019. Ini menunjukkan bahwa Fadly bergabung dengan tim yang punya potensi besar untuk berprestasi di level internasional.

Baca Juga :   Eko Setiawan: Membawa Era Baru untuk Persibo Bojonegoro

Inspirasi bagi Generasi Muda

Kisah Fadly Alberto Hengga bisa menjadi inspirasi bagi banyak anak muda Indonesia. Beberapa poin penting yang bisa kita petik:

  • Latar belakang sederhana bukan halangan untuk berprestasi
  • Konsistensi dan kerja keras adalah kunci kesuksesan
  • Pendidikan tetap penting meski sudah jadi atlet nasional
  • Dukungan keluarga dan lingkungan sangat berperan dalam kesuksesan

Apa Selanjutnya untuk Fadly?

Dengan prestasinya saat ini, masa depan Fadly Alberto Hengga terlihat cerah. Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi:

  • Melanjutkan karir di Timnas Indonesia senior
  • Bermain di klub profesional, baik di Indonesia maupun luar negeri
  • Menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di Bojonegoro dan sekitarnya

Yang pasti, perjalanan Fadly masih panjang. Dengan dedikasi dan kerja keras yang sudah ia tunjukkan, bukan tidak mungkin kita akan melihat namanya bersinar lebih terang di kancah sepakbola nasional dan internasional.

Nah, bagaimana menurutmu tentang kisah Fadly Alberto Hengga ini? Apakah kamu terinspirasi untuk mengejar mimpimu, tidak peduli seberapa sederhana latar belakangmu? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar!

Tags

Share:

Informasi Terkait

Tinggalkan komentar