Farida Hidayati: Dari Anggota DPR RI Menuju Kursi Wakil Bupati Bojonegoro

Hasan Kamal

Saat pertama kali mendengar nama Farida Hidayati, saya teringat akan sosok perempuan berwibawa yang sering muncul di media lokal Bojonegoro. Kini, nama itu kembali mencuat seiring pencalonannya sebagai wakil bupati di kabupaten kelahirannya.

Perjalanan Politik yang Mengesankan

Menurut saya, perjalanan politik Farida Hidayati cukup mengesankan. Dari seorang kader PKB, ia berhasil melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024[3]. Prestasi ini tentunya bukan hal yang mudah dicapai, apalagi bagi seorang perempuan dari daerah.

Farida Hidayati lahir di Tuban pada 10 Juni 1984[3]. Ia menempuh pendidikan dasar hingga menengah di daerah Tuban dan Bojonegoro, sebelum akhirnya melanjutkan ke jenjang sarjana di Universitas Trisakti dan pascasarjana di Universitas Airlangga[3].

Kiprah di Organisasi dan Politik

Selain aktif di dunia politik, Farida juga terlibat dalam berbagai organisasi:

  • Pengurus Bidang Hukum dan Litbang Ikatan Notaris Indonesia Cabang Bojonegoro (2017-2022)[3]
  • Wakil Ketua III Pengurus PKK Kabupaten Bojonegoro (2018-2023)[3]

Karir politiknya dimulai sebagai kader PKB hingga akhirnya terpilih menjadi anggota DPR RI mewakili daerah pemilihan Jawa Timur IX (Kabupaten Bojonegoro dan Tuban)[3].

Langkah Baru: Calon Wakil Bupati Bojonegoro

Tahun 2024 menjadi titik balik bagi Farida Hidayati. Ia memutuskan untuk maju sebagai calon wakil bupati Bojonegoro mendampingi Teguh Haryono[1]. Keputusan ini cukup mengejutkan mengingat statusnya sebagai kader PKB, sementara ia diusung oleh PDI-P dan Partai Perindo[2].

Menariknya, Farida memilih bungkam saat ditanya mengenai status keanggotaannya di PKB[1]. Hal ini menimbulkan spekulasi apakah ia akan melepaskan keanggotaannya di partai berlambang bola dunia tersebut.

Baca Juga :   Profil Anna Mu'awanah

Tips Memahami Dinamika Politik Lokal

Bagi Anda yang tertarik mengikuti perkembangan politik lokal, berikut beberapa tips:

  • Ikuti berita dari berbagai sumber terpercaya
  • Pelajari latar belakang dan track record para kandidat
  • Perhatikan isu-isu lokal yang menjadi fokus kampanye
  • Jangan mudah terprovokasi oleh berita yang belum terverifikasi

Perjalanan Farida Hidayati dari anggota DPR RI hingga pencalonannya sebagai wakil bupati Bojonegoro menunjukkan dinamika politik yang menarik. Terlepas dari kontroversi perpindahan dukungan partai, kiprahnya di dunia politik dan organisasi patut diapresiasi. Kita tunggu bagaimana kiprahnya dalam Pilkada Bojonegoro 2024 mendatang.

Share:

Informasi Terkait