Calon Bupati Bojonegoro 2024: Siapa Saja yang Berpotensi?

Nisa Fara

Pemilihan Bupati Bojonegoro 2024 semakin mendekat, dan suasana politik di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mulai memanas. Berbagai tokoh mulai bermunculan sebagai calon potensial untuk memimpin daerah yang dikenal sebagai penghasil minyak dan gas bumi ini. Artikel ini akan membahas beberapa calon bupati yang paling menonjol, termasuk Anna Muawanah, Nurul Azizah, dan Setyo Wahono. Mari kita lihat lebih dekat siapa saja mereka dan apa yang mereka tawarkan untuk masa depan Bojonegoro.

Anna Muawanah: Petahana yang Kembali Bertarung

Anna Muawanah, Calon Bupati Bojonegoro 2024
Calon Bupati Bojonegoro 2024: Siapa Saja yang Berpotensi? 4

Latar Belakang dan Karier

Anna Muawanah bukanlah nama baru di dunia politik Bojonegoro. Ia adalah Bupati Bojonegoro periode 2018-2023 dan telah direkomendasikan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk kembali maju dalam Pilkada 2024. Anna lahir di Singgahan, Tuban, pada 3 Februari 1968, dan memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dengan gelar S-3 dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Prestasi dan Kontroversi

Selama masa jabatannya, Anna dikenal dengan berbagai program pembangunan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun, tidak semua berjalan mulus. Beberapa kebijakan kontroversial, seperti pemindahan pasar tradisional ke Pasar wisata, menimbulkan ketidakpuasan di kalangan pedagang.

Dukungan dan Tantangan

PKB memberikan kebebasan kepada Anna untuk memilih pasangan wakil bupati, yang menunjukkan kepercayaan tinggi dari partainya. Namun, tantangan terbesar Anna adalah menghadapi calon-calon baru yang juga memiliki basis dukungan kuat.

Baca Juga :   Profil Nurul Azizah Bojonegoro

Nurul Azizah: Birokrat yang Siap Mengubah Bojonegoro

Nurul Azizah, Calon Bupati Bojonegoro 2024
Calon Bupati Bojonegoro 2024: Siapa Saja yang Berpotensi? 5

Latar Belakang dan Karier

Nurul Azizah adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro yang memutuskan untuk maju sebagai calon bupati melalui jalur independen. Ia memiliki karier yang cemerlang di birokrasi dan dikenal sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat.

Alasan Maju Melalui Jalur Independen

Nurul memilih jalur independen karena adanya informasi bahwa petahana berusaha memborong partai untuk menciptakan calon tunggal. Keputusan ini didukung oleh banyak relawan dan masyarakat yang menginginkan alternatif dalam Pilkada 2024.

Dukungan Masyarakat

Dukungan untuk Nurul sangat besar, terbukti dari jumlah dukungan yang berhasil dikumpulkan mencapai 75.777 dari 28 kecamatan. Ini menunjukkan bahwa banyak masyarakat yang menginginkan perubahan dan melihat Nurul sebagai sosok yang tepat untuk memimpin Bojonegoro.

Setyo Wahono: Kuda Hitam dalam Pilkada Bojonegoro

Setyo Wahono, Calon Bupati Bojonegoro 2024
Calon Bupati Bojonegoro 2024: Siapa Saja yang Berpotensi? 6

Latar Belakang dan Karier

Setyo Wahono adalah adik kandung Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan memiliki pengalaman luas di bidang pemberdayaan masyarakat. Ia juga pernah menjabat sebagai komisioner KPU Bojonegoro dan Ketua Pemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin di Bojonegoro.

Potensi dan Dukungan

Setyo Wahono dianggap sebagai kuda hitam dalam Pilkada Bojonegoro 2024. Banyak relawan dan masyarakat yang mendukungnya untuk maju, meskipun ia belum secara resmi mengumumkan pencalonannya. Jika ia memutuskan untuk maju, dukungan dari berbagai kalangan diprediksi akan mengalir deras.

Kolaborasi dengan Wardiyono

Ada spekulasi bahwa Setyo Wahono akan berkolaborasi dengan Mayjen (Purn) Wardiyono, yang memiliki latar belakang militer. Kombinasi ini dianggap bisa menjadi kekuatan besar dalam Pilkada Bojonegoro 2024.

Kandidat Lain yang Patut Diperhitungkan

Selain tiga nama besar di atas, ada beberapa kandidat lain yang juga patut diperhitungkan dalam Pilkada Bojonegoro 2024:

  • Budi Irawanto: Wakil Bupati Bojonegoro yang juga berpotensi maju sebagai calon bupati.
  • Wahyu Setiawan: Bakal calon bupati dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang optimis mendapatkan rekomendasi dari partainya.
Baca Juga :   Turun Terus, Harga Jagung di Bojonegoro Bikin Petani Kecewa

Tabel Kandidat Potensial Calon Bupati Bojonegoro

Nama KandidatLatar BelakangJalur PencalonanDukungan Utama
Anna MuawanahMantan Bupati BojonegoroPKBPKB, masyarakat Bojonegoro
Nurul AzizahSekda BojonegoroIndependenRelawan, masyarakat Bojonegoro
Setyo WahonoAdik Mensesneg PratiknoBelum DikonfirmasiRelawan, masyarakat Bojonegoro
Budi IrawantoWakil Bupati BojonegoroBelum DikonfirmasiMasyarakat Bojonegoro
Wahyu SetiawanBakal Calon dari PANPANPAN, masyarakat Bojonegoro

Kesimpulan

Pilkada Bojonegoro 2024 akan menjadi ajang yang menarik dengan berbagai calon potensial yang siap bersaing. Anna Muawanah, Nurul Azizah, dan Setyo Wahono adalah tiga nama besar yang memiliki peluang besar untuk memenangkan hati masyarakat Bojonegoro. Setiap calon membawa visi dan misi yang berbeda, serta dukungan yang kuat dari berbagai kalangan. Siapa pun yang terpilih, diharapkan dapat membawa Bojonegoro ke arah yang lebih baik dan sejahtera.

Tags

Share:

Informasi Terkait

Tinggalkan komentar