APBD Tertinggi di Jawa Timur: 5 Daerah dengan Potensi Ekonomi Besar

kangjon

APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) merupakan jantung perekonomian daerah yang memegang peran penting dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. APBD menjadi indikator kemampuan daerah dalam mengelola sumber daya dan potensi ekonomi untuk memajukan daerahnya.

Jawa Timur sebagai salah satu provinsi dengan perekonomian terbesar di Indonesia memiliki beberapa daerah dengan APBD tertinggi yang menopang pertumbuhan ekonomi regional. Daerah-daerah ini memiliki potensi ekonomi yang besar dan menjadi penyumbang utama pendapatan daerah Jawa Timur.

Top 5 Daerah dengan APBD Tertinggi di Jawa Timur 2023

Council budget lowest delivers rise rate ever dempsey recognises pressures mayor cost said living

Kota Pahlawan: Surabaya

Surabaya, ibu kota Jawa Timur, menduduki peringkat pertama dengan APBD tertinggi mencapai Rp 11,17 triliun. Sebagai kota metropolitan dan pusat perdagangan, Surabaya memiliki perekonomian yang sangat dinamis dan menjadi magnet investasi. Potensi ekonomi Surabaya didukung oleh sektor industri, perdagangan, dan jasa yang berkembang pesat.

Dengan APBD yang besar, Surabaya dapat menjalankan berbagai program pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, dan kesejahteraan sosial. Beberapa proyek infrastruktur besar yang dibiayai dari APBD Surabaya antara lain pembangunan Jembatan Suramadu dan perluasan Bandara Internasional Juanda.

Kabupaten Penghasil Migas: Bojonegoro

Bojonegoro, sebuah kabupaten di Jawa Timur bagian utara, menempati posisi kedua dengan APBD sebesar Rp 9,6 triliun. Kekayaan Bojonegoro terletak pada sumber daya alam minyak dan gas bumi (migas) yang melimpah. Hasil eksplorasi migas menjadi sumber pendapatan utama daerah yang mendorong pertumbuhan ekonomi Bojonegoro.

Baca Juga :   Hasil Pemilu 2024: Daftar Caleg Terpilih DPRD Bojonegoro

Selain sektor migas, Bojonegoro juga memiliki potensi ekonomi di bidang pertanian dan pariwisata. APBD yang besar memungkinkan Bojonegoro mengembangkan berbagai program pemberdayaan masyarakat, pembangunan infrastruktur, dan peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan.

Kota Industri: Sidoarjo

Sidoarjo, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Surabaya, berada di peringkat ketiga dengan APBD sebesar Rp 8,2 triliun. Sidoarjo merupakan salah satu pusat industri di Jawa Timur dengan kawasan industri terpadu SIER (Surabaya Industrial Estate Rungkut). Industri manufaktur menjadi tulang punggung perekonomian Sidoarjo yang menyumbang pendapatan daerah yang besar.

APBD Sidoarjo digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur, pengembangan kawasan industri, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sidoarjo juga dikenal dengan program-program inovatif dalam bidang kesehatan dan pendidikan yang didukung oleh APBD yang besar.

Kabupaten Pendidikan: Malang

Kabupaten Malang menempati posisi keempat dengan APBD sebesar Rp 7,5 triliun. Kabupaten Malang memiliki potensi ekonomi yang beragam, mulai dari pertanian, pariwisata, hingga pendidikan. Kabupaten Malang merupakan pusat pendidikan dengan keberadaan beberapa perguruan tinggi ternama, seperti Universitas Brawijaya dan Universitas Malang.

APBD Kabupaten Malang difokuskan pada pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan, dan pengembangan sektor pariwisata. Kabupaten Malang juga memiliki program-program pemberdayaan masyarakat dan bantuan sosial yang dibiayai dari APBD.

Kabupaten Jember

Jember, sebuah kabupaten di Jawa Timur bagian timur, berada di peringkat kelima dengan APBD sebesar Rp 6,9 triliun. Jember merupakan kabupaten terkaya di Jawa Timur berdasarkan pendapatan per kapita. Kekayaan Jember berasal dari sektor pertanian, khususnya kopi dan tembakau.

APBD Jember dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, serta pengembangan sektor pertanian. Jember juga memiliki program-program pemberdayaan masyarakat dan bantuan sosial yang dibiayai dari APBD.

Baca Juga :   UMK Bojonegoro 2024 Naik, Tapi Masih di Bawah Tetangga

Potensi Ekonomi Daerah Penopang APBD Tertinggi

Daerah Potensi Ekonomi
Surabaya Industri, perdagangan, jasa
Bojonegoro Migas, pertanian,
Sidoarjo Industri manufaktur, kawasan industri
Malang Pendidikan, pertanian, pariwisata
Jember Pertanian (kopi, tembakau)

APBD untuk Pembangunan Infrastruktur

  • Pembangunan jembatan dan jalan
  • Perluasan bandara dan pelabuhan
  • Pembangunan kawasan industri
  • Penyediaan air bersih dan sanitasi
  • Pembangunan gedung-gedung publik

Bantuan Keuangan Daerah

APBD
  • Hibah ke kabupaten/kota lain untuk pembangunan infrastruktur
  • Bantuan sosial untuk masyarakat miskin dan rentan
  • Program pemberdayaan masyarakat
  • Bantuan untuk pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM)
  • Bantuan untuk pengembangan sektor pertanian dan pariwisata

Kesimpulan: APBD

APBD memegang peranan penting dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur. Daerah-daerah dengan APBD tertinggi memiliki potensi ekonomi yang besar dan menjadi tulang punggung perekonomian regional. Dengan APBD yang besar, daerah-daerah tersebut dapat menjalankan berbagai program pembangunan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan mensejahterakan masyarakatnya.

Tags

Share:

Informasi Terkait

Tinggalkan komentar