Cara Menyimpan Air Legen Agar Awet

Lin Erlin

Legen, minuman khas Tuban, telah lama dikenal sebagai minuman yang menyegarkan dan menyehatkan. Namun, masa simpan legen yang pendek menjadi kendala bagi para penggemarnya. Kini, hadir LegenKu, minuman legen yang diawetkan dengan teknik pasteurisasi sehingga dapat dinikmati lebih lama.

Legen merupakan sari buah siwalan yang memiliki rasa manis alami dan mengandung berbagai nutrisi. Buah siwalan banyak ditemukan di wilayah Tuban, Jawa Timur, sehingga legen menjadi minuman yang sangat populer di daerah tersebut.

Legen, Minuman Khas Tuban yang Tahan Lama

Legen, Minuman Berlimpah di Tuban

Pohon siwalan tumbuh subur di wilayah Tuban. Buah siwalan yang matang memiliki kulit keras berwarna cokelat dan daging buah berwarna putih kekuningan. Daging buah siwalan ini yang kemudian diolah menjadi legen.

Proses pembuatan legen cukup sederhana. Daging buah siwalan direndam dalam air selama beberapa hari hingga keluar sari buahnya. Sari buah ini kemudian difermentasi secara alami selama beberapa hari hingga menghasilkan legen yang bercita rasa manis dan sedikit asam.

Ahmad Sanusi, Pedagang Legen yang Berinovasi

Ahmad Sanusi, seorang pedagang legen asal Tuban, melihat potensi besar dari legen. Namun, ia terkendala oleh masa simpan legen yang pendek. Legen yang dijualnya hanya bisa bertahan selama beberapa hari, sehingga ia sering mengalami kerugian.

Berbekal pengetahuan dan pengalamannya, Ahmad Sanusi mencoba berbagai cara untuk memperpanjang masa simpan legen. Ia bereksperimen dengan berbagai teknik pengawetan, hingga akhirnya menemukan teknik pasteurisasi yang paling efektif.

Baca Juga :   Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bojonegoro 2023: Peningkatan dan Dampaknya

Proses Pasteurisasi untuk Pengawetan Legen

Pasteurisasi adalah proses pemanasan makanan atau minuman pada suhu tertentu untuk membunuh mikroorganisme yang merugikan. Proses ini dapat memperpanjang masa simpan makanan atau minuman tanpa mengubah rasanya secara signifikan.

Dalam proses pasteurisasi legen, legen dipanaskan pada suhu 72 derajat Celcius selama 15 detik. Pemanasan ini cukup untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme lain yang dapat merusak legen. Setelah dipanaskan, legen kemudian didinginkan dengan cepat untuk menghentikan proses pemanasan.

Pengemasan dan Varian Harga LegenKu

LegenKu dikemas dalam botol air mineral berukuran 300 ml, 500 ml, dan 1000 ml. Botol-botol ini telah disterilkan terlebih dahulu untuk memastikan kebersihan dan keamanan produk.

Harga LegenKu bervariasi tergantung ukuran kemasannya, yaitu:

  • 300 ml: Rp. 5.000
  • 500 ml: Rp. 6.000
  • 1000 ml: Rp. 10.000

LegenKu dapat ditemukan di berbagai toko kelontong, supermarket, dan minimarket di wilayah Tuban dan sekitarnya.

Manfaat Pasteurisasi untuk Legen

Membunuh Organisme Merugikan, Legen

Proses pasteurisasi dapat membunuh bakteri dan mikroorganisme lain yang merugikan dalam legen. Mikroorganisme ini dapat menyebabkan legen menjadi cepat rusak dan tidak layak konsumsi.

Beberapa jenis bakteri yang dapat dibunuh oleh proses pasteurisasi antara lain:

  • Salmonella
  • E. coli
  • Listeria

Memperlambat Pertumbuhan Mikroba

Selain membunuh mikroorganisme yang merugikan, proses pasteurisasi juga dapat memperlambat pertumbuhan mikroba yang masih tersisa dalam legen. Mikroba ini tidak dapat berkembang biak pada suhu tinggi, sehingga masa simpan legen dapat diperpanjang.

Proses pasteurisasi dapat memperpanjang masa simpan legen hingga berbulan-bulan, tergantung pada kondisi penyimpanan. LegenKu yang disimpan dalam lemari es dapat bertahan hingga 6 bulan, sedangkan yang disimpan pada suhu kamar dapat bertahan hingga 3 bulan.

Baca Juga :   SPKLU Bojonegoro: Mengisi Daya Mobil Listrik dengan Mudah

Pengembangan Produk Legen Lainnya

Legen

Pengemasan Buah Siwalan Siap Makan

Selain LegenKu, Ahmad Sanusi juga mengembangkan produk legen lainnya, yaitu buah siwalan siap makan. Buah siwalan yang sudah matang dikupas dan dikemas dalam wadah kedap udara.

Buah siwalan siap makan ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai makanan dan minuman.

Pengembangan produk legen lainnya ini menunjukkan bahwa potensi legen sangat besar dan dapat dikembangkan menjadi berbagai produk makanan dan minuman yang menyehatkan dan menyegarkan.

Kesimpulan

LegenKu adalah minuman khas Tuban yang diawetkan dengan teknik pasteurisasi sehingga dapat dinikmati lebih lama. Proses pasteurisasi dapat membunuh mikroorganisme yang merugikan dan memperlambat pertumbuhan mikroba dalam legen. LegenKu tersedia dalam berbagai kemasan dan harga, sehingga dapat memenuhi kebutuhan berbagai konsumen. Selain LegenKu, produk legen lainnya seperti buah siwalan siap makan juga berpotensi untuk dikembangkan menjadi makanan dan minuman yang menyehatkan dan menyegarkan.

Tags

Share:

Informasi Terkait

Tinggalkan komentar